Jenis Macam Zakat dan Ketentuan Zakat Dalam Islam

0
Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki akhir bulan Ramadhan. Bulan yang selalu dirindukan oleh jutaan umat Islam di seluruh dunia. Bulan suci yang penuh berkah yang selalu membawa kedamaian bagi kita seluruh umat manusia. Selama 30 hari kita telah menjalani ibadah wajib puasa sebagai pelatihan bagi diri kita untuk menahan segala keinginan.

Didalam bulan puasa ini selain kita dilatih untuk menjadi insan yang lebih baik, dengan menahan keinginan dan juga bagaimana berlaku terhadap sesama manusia. Kita berlomba-lomba untuk mencari sebanyak-banyaknya amalan ibada di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Salah satu amalan wajib dan memiliki nilai ibadah yang tinggi yaitu zakat. Tentu ibadah ini adalah wajib tapi hanyak bagi orang yang mampu memberi zakat. Bagi yang kurang mampu adalah hak yang harus menerima zakat.

Mugkin dari kita masih banyak yang belum terlalu mengerti bagaimana ibadah zakat itu sebenarnya. Dan bagaimana juga ketentuan zakat yang harus dilakukan. Maka dari itu kita perlu mengerti dulu pembagian macam-macam zakat yang ada didalam Islam. Berikut ini jenis atau macam-macam zakat yang perlu kita ketahui:

Macam-macam Zakat dan Ketentuan Zakat Dalam Islam

1. Zakat Fitrah

  • Zakat yang harus dikeluarkan oleh umat muslim pada bulan suci Ramadhan sebelum hadirnya hari raya Idul Fitri. Nilai zakat ini adalah sebesar 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan.

2. Zakat Maal (Harta)

  • Zakat yang dikeluarkan oleh seorang muslim Zakat yang mencakup penghasilan/pendapatan, hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, emas dan perak.

Jadi pada dasarnya hanya dua jenis zakat yang utama dalam Islam. Dan untuk perhitungan sebenarnya yang bisa kita lakukan atau jika bingung seperti Venelova bisa kita konsultasikan kepada yang lebih ahli dalam perhitungan zakat. Untuk penyaluran sendiri, saat ini sudah sangat banyak lembaga-lembaga zakat yang bersedia membantu.

Jenis Macam Zakat dan Ketentuan Zakat Dalam Islam

Namun selebihnya dari itu bahwa ketentuan zakat ini hanyalah khusus dan wajib bagi mereka yang mampu secara materi, dan juga terpenting niat untuk memberi zakat kepada yang membutuhkan. Yang perlu kita pahami adalah pada prinsipnya, dalam rejeki yang kita dapat atau miliki beberapa bagian adalah hak orang lain. Inilah tujuan sebenarnya dari zakat untuk peduli terhadap sesama kita.

Share.

Tentang Penulis

Blogger Junkie! Trance addict with Scorpion sign yang suka melepaskan imajinasi dengan tulisan. Jakarta, semoga kita selalu bersahabat. Read, Sleep, WRITE, Repeat! Selamat membaca, jangan bosan untuk berkunjung kembali, LOVE!

Leave A Reply