Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di WordPress Terbaru

4
Ngeblog salah satu aktifitas dalam dunia internet yang saat ini masih tetap populer. Apalagi sejak merebaknya bisnis online maupun media online. Banyak sekali pengguna internet yang mencoba belajar mulai dari bagaimana cara membuat sebuah blog dengan cepat dan mudah. Membuat blog dengan menggunakan berbagai macam CMS atau Content Management System adalah salah satu yang paling banyak digunakan.

WordPress salah satu jenis dari CMS untuk membuat blog atau website adalah yang cukup populer digunakan saat ini. Selain penggunaan yang mudah serta fitur dan plugin yang lengkap membuat WordPress menjadi CMS primadona dalam pembuatan sebuah website atau blog.

Saat ini kita tidak akan membahas bagaimana cara membuat blog menggunakan WordPress ini, tapi lebih bagaimana melakukan modifikasi terhadap blog atau web yang berbasis WP agar lebih terlihat keren dan menarik. Salah satunya tentu integrasi dengan sosial media Facebook, Twitterm atau Google+.

Seperti kita tahu pengguna FB atau Facebook di Indonesia sudah sangat besar. Maka dari itu integrasi blog dengan berbagai fitur Facebook seperti FB Fanpage like box, FB button share, atau Facebook comment form. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat komentar Facebook di WordPress dengan mudah dan cepat. Dalam tutorial memasang kotak komentar FB ini menggunakan plugin WordPress.

Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di WordPress Terbaru

  1. Instal plugin “Facebook Comments” by Alex Moss
  2. Buat Facebook App ID -> https://developers.facebook.com/apps
  3. Akan muncul 15 digit angka sebagai App ID tersebut.
  4. Masukkan 15 digit angka ke dalam setup App ID di plugin Facebook Comments.
  5. Setup& sesuaikan beberapa isian form setting di plugin komentar Facebook.
  6. Klik Save, done.
Contoh Kotak Komentar Facebook di WordPress

Contoh Kotak Komentar Facebook di WordPress

Jika sudah selesai, maka secara otomatis kolom atau kotak komentar Facebook sudah muncul di halaman posting atau artikel blog (contoh seperti gambar diatas). Bagi yang masih terdapat double kotak komentar dari FB maupun bawaan komentar theme WordPress bisa menonaktifkan, kolom komentar bawaan WP melalui menu Settings – Discussion dan nonaktifkan pilihan “Allow people to post comments on new articles“.

Manfaat lain dari penggunaan komentar Facebook ini adalah fungsi viral sharingnya dimana, ketika user atau pengunjung blog ikut komen di Facebook comment form, secara otomatis akan muncul di halaman timeline profil Facebook mereka. Sehingga friend list dari user tersebut akan mengetahui ada sebuah postingan menarik yang membuat profil FB lain ikut membuka link postingan tersebut.

Menarik: Cara Mudah Membuat Gravatar untuk Foto Komentar di WordPress

Selain itu tentu penghematan memori database, karena server kotak komen FB ini ada di server Facebook dan plugin komentar Facebook ini menggunakan iFrame. Selain kelebihan tentu juga ada kekurangan. Seperti dilansir media online Indonesia penggunakan kotak komentar Facebook mengurangi density wording atau keyword yang bisa muncul dari para pembaca atau komentator blog yang tentu akan bisa meningkatkan jumlah pencari maupun visibilitas website di search engine seperti Google.

Begitulah kira-kira sedikit tutorial atau cara membuat kotak komentar Facebook di dalam WordPress terbaru dengan menggunakan sebuah plugin. Semoga tips memasang kolom komentar FB ini bisa bermanfaat bagi para blogger atau pemilik website yang ingin memunculkan kotak komentar Facebook di blognya.

Share.

Tentang Penulis

Blogger Junkie! Trance addict with Scorpion sign yang suka melepaskan imajinasi dengan tulisan. Jakarta, semoga kita selalu bersahabat. Read, Sleep, WRITE, Repeat! Selamat membaca, jangan bosan untuk berkunjung kembali, LOVE!

4 Comments

  1. terlepas adanya kekurangan dari penggunaan kotak komentar fb, saya pikir tidak jadi soal karena kita bisa melakukan penghematan memori database.

    menarik infonya, lanjutkan 🙂

  2. Udah ane pratekin via mobile (ponsel) tapi tetap aja kagak work alias reload kehalaman yg sebelumnya tuh Gan, dan kayaknya ini trik lebih cocok lewat PC kali tuh.. 😀

Leave A Reply