Cara Berinvestasi Sambil Tetap Bekerja

0
C– Untuk menghasilkan pendapatan secara pasif, melakukan investasi merupakan cara termudah yang dapat Anda lakukan. Karena, saat ini Anda dapat berinvestasi mengingat banyaknya skema investasi yang bisa Anda coba. Selain itu, informasi keuangan saat ini juga bisa didapat dengan begitu mudahnya seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Akan tetapi, bisakah Anda tetap berinvestasi sambil bekerja di perusahaan sehari-hari? Jawabannya adalah bisa, dengan syarat mengikuti beberapa cara sebagai berikut.

Membuat agenda harian

Sebagai karyawan di perusahaan tempat Anda bekerja, Anda dituntut untuk selalu fokus dengan pekerjaan yang Anda jalani sehari-hari. Dengan berinvestasi, maka Anda akan dituntut untuk membagi fokus Anda antara pekerjaan sehari-hari dengan aktivitas investasi yang Anda jalani. Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah mengingat Anda perlu selalu fokus dalam pekerjaan sehari-hari.

Agar dapat fokus dalam menjalani kedua hal tersebut setiap harinya, maka buatlah agenda harian yang berisikan daftar kegiatan harian yang perlu Anda lakukan. Membuat agenda harian sangatlah penting karena dapat membantu Anda yang kurang fokus jadi lebih fokus seiring hadirnya pengingat pada agenda harian tersebut. Susunlah agenda harian sebaik mungkin secara detail mengenai jam berapakah Anda harus bekerja dan jam berapakah Anda harus mengontrol investasi yang Anda jalani agar dapat membagi fokus secara merata untuk melakukan kedua hal tersebut.

Disiplin adalah kunci

Jika Anda telah membuat agenda harian namun masih kesulitan dalam menerapkan keduanya secara bersamaan, maka bisa jadi Anda kurang disiplin dalam menerapkan agenda yang telah Anda susun sebelumnya. Disiplin merupakan kunci seorang karyawan yang sukses sekaligus investor yang sukses. Karena, kedisiplinan dapat menuntun setiap investor agar dapat terhindar dari risiko yang diakibatkan oleh ketidakdisiplinan dalam menerapkan prinsip investasi. Oleh karena itu, selalu pastikan Anda telah benar-benar disiplin dalam menerapkan agenda yang telah dibuat mengingat disiplin adalah kunci kesuksesan Anda sebagai karyawan sekaligus investor.

Cara Berinvestasi Sambil Tetap Bekerja

Buat skala prioritas

Agenda yang telah tersusun rapi tentu bukan tanpa celah karena kondisi seperti bentroknya jadwal aktivitas merupakan hal yang seringkali terjadi. Apabila ada jadwal kegiatan Anda, antara bekerja dan berinvestasi, yang berbenturan maka buatlah skala prioritas terlebih dahulu. Skala prioritas dapat menuntun Anda untuk menentukan manakah kegiatan yang lebih penting untuk dijalani terlebih dahulu tanpa mengorbankan kegiatan lainnya. Dengan demikian, Anda tetap dapat bekerja secara normal dan juga menjadi investor yang sukses berkat penentuan skala prioritas yang tepat.

Kelola keuangan dengan pandai

Ketika Anda bekerja sekaligus berinvestasi, maka besar kemungkinan pendapatan yang Anda miliki akan tercampur. Hal ini tentu hal yang wajar namun bukanlah hal yang ideal apabila Anda seorang investor sejati. Karena, agar dapat mengetahui seberapa baik performa investasi yang Anda lakukan, maka Anda perlu mengelola keuangan secara cerdas. Pengelolaan dasar seperti pemisahan rekening bank sampai pemanfaatan uang gaji dan imbal hasil investasi secara efektif bisa jadi cara terbaik agar Anda menjadi seorang karyawan yang sukses dan juga investor yang handal.

Selalu bersikap profesional

Menjadi seorang karyawan tidak hanya menuntut Anda untuk bekerja secara maksimal sesuai dengan kemampuan Anda. Karena, apabila Anda merupakan karyawan sekaligus investor, maka usahakan agar selalu bersikap profesional saat menjalani keduanya secara beriringan. Karena sikap profesional dapat menuntun Anda untuk menuju gerbang kesuksesan antara menjadi karyawan teladan serta menjadi investor yang sukses. Tanpa profesionalitas yang baik, jangan pernah berharap Anda bisa cepat naik gaji atau mendulang keuntungan secara optimal dari investasi yang Anda jalani.

Share.

Tentang Penulis

Blogger Junkie! Trance addict with Scorpion sign yang suka melepaskan imajinasi dengan tulisan. Jakarta, semoga kita selalu bersahabat. Read, Sleep, WRITE, Repeat! Selamat membaca, jangan bosan untuk berkunjung kembali, LOVE!

Leave A Reply