Peran dan Bantuan Broker Asuransi dalam Meminimalisir Risiko Bisnis

0
P– Risiko bisnis dapat muncul kapan saja baik dari lingkungan eksternal maupun internal. Risiko tersebut dapat menyebabkan kerugian finansial mulai dari skala kecil hingga besar. Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi atau meminimalkan risiko kerugian finansial dan melindungi aset bisnis tersebut adalah memiliki polis asuransi bisnis.

Kepemilikan asuransi bisnis menjadi hal yang sangat membantu saat ini ditengah ketidakpastian kondisi ekonomi karena pandemi Covid-19. Dalam kondisi yang tidak biasa ini akibatnya munculah risiko-risiko kerugian salah satunya adalah risiko bisnis. Untuk memiliki asuransi bisnis dapat dilakukan melalui kerjasama dengan broker asuransi.

Broker asuransi mewakili kepentingan klien (nasabah) untuk membantu mengidentifikasi risiko bisnis dan memberikan solusi pilihan asuransi bisnis dan manfaatnya sesuai kebutuhan dan risiko bisnis, serta akan membantu menyediakan konsultasi jika terjadi klaim.

Adapun peran dan tugasnya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan identifikasi risiko terhadap segala bentuk usaha-usaha penghilangan, pengurangan serta menghindarkan kemungkinan terjadinya risiko tersebut.
  2. Memiliki afiliasi dengan beberapa perusahaan asuransi (penanggung).
  3. Membantu memilihkan penanggung (perusahaan asuransi) yang aman bagi klien (tertanggung), mempersiapkan dan membuat desain kontrak asuransi yang paling cocok dan kompetitif.
  4. Menjembatani pemilihan dan negosiasi tingkat premi antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan klien (tertanggung).
  5. Selama polis berjalan, broker asuransi wajib membantu pemegang polis atau tertanggung dalam rangka memenuhi persyaratan pengajuan klaim kepada perusahaan asuransi, serta menginformasikan perkembangan status klaim atau manfaat, dan besarnya nilai klaim atau manfaat yang disetujui.
  6. Broker asuransi bertanggung jawab untuk menjalankan risk inspection serta administrasi program selama polis masih berjalan.
  7. Wajib melakukan peninjauan atas kredibilitas Perusahaan Asuransi dari berbagai aspek termasuk aspek finansial dan kemampuan/kapasitas dalam menerima risiko tertentu.
Peran dan Bantuan Broker Asuransi dalam Meminimalisir Risiko Bisnis

Setelah memahami apa saja peran dan tanggung jawab dari broker asuransi tahap selanjutnya adalah untuk memilih broker asuransi. Broker asuransi yang profesional dan berpengalaman sangat penting dalam pengelolaan dan menilai risiko bisnis. Salah satu broker asuransi terkemuka dan berpengalaman di Indonesia adalah Marsh Indonesia.

Marsh sendiri merupakan broker asuransi terkemuka di dunia dalam mengelola risiko, memberikan pilihan asuransi bisnis yang sesuai dengan profil risiko bisnis, dan telah berpengalaman dalam membantu mengelola risiko ribuan perusahaan.

Marsh Indonesia akan melakukan identifikasi risiko dan menganalisis risiko yang bisa ditimbulkan melalui risk management secara menyeluruh sesuai dengan risiko bisnis. Besarnya risiko bisa dinilai dari tingkat kerugian yang diakibatkan dan bagaimana kemudian menentukan langkah-langkah preventif dalam menanggulangi risiko tersebut.

Source: https://datapolis.id/perbedaan-antara-agen-dan-pialang-asuransi/

Share.

Tentang Penulis

Blogger Junkie! Trance addict with Scorpion sign yang suka melepaskan imajinasi dengan tulisan. Jakarta, semoga kita selalu bersahabat. Read, Sleep, WRITE, Repeat! Selamat membaca, jangan bosan untuk berkunjung kembali, LOVE!

Leave A Reply