Kebiasaan Minum Kopi, Kenali Efek Negatif dan Positif Minum Kopi

0
K– Hingga saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang digandrungi oleh banyak kalangan. Akibatnya kedai-kedai kopi marak bermunculan di seluruh bagian kota. Kopi yang memiliki kandungan kafein sering kali diminum pada pagi hari.

Kafein mampu meningkatkan perhatian dan kewaspadaan. Selebihnya, dosis kafein 160-600 mg dapat meningkatkan kewaspadaan mental, kecepatan berpikir, dan daya ingat.

Sehingga, meminum kopi dengan kafein yang tinggi dapat membuat orang sulit untuk tidur. Jumlah asupan maksimum kafein ialah 400 mg atau setara dengan 4-5 cangkir kopi setiap hari. Selera tiap orang berbeda, ada yang suka kopi manisdan sebaliknya ada yang suka kopi tanpa gula.

Mengonsumsi kopi lebih dari yang dianjurkan dapat membawa resiko buruk terhadap kesehatan. Kebiasaan minum kopi berlebih dapat meningkatkan resiko sejumlah penyakit. Sebagai stimulan alami, kopi menjadi tidak baik untuk diminum seseorang yang mengidap kecemasan berlebih.

Oleh karenanya, ada baiknya bagi Anda untuk membatasi konsumsi kopi setiap harinya. Berikut adalah manfaat dari berhenti minum kopi .

Kebiasaan Minum Kopi Kenali Efek Negatif Positif Minum Kopi
  • Jadwal tidur yang lebih baik. Kebiasaan minum kopi akan berpengaruh pada pola tidur yang dimiliki. Asupan kopi harian dapat mengubah siklus tidur dengan membuat setiap orang merasa gelisah dan jantung berdegup lebih kencang.
  • Penyerapan nutrisi lebih efisien. Meminum kopi dengan kandungan kafein dapat menghambat tubuh untuk menyerap nutrisi. Kafein akan menghambat penyerapan kalsium, zat besi, dan vitamin B. Bagi setiap orang dengan pola makan yang tidak seimbang tapi minum kopi dengan asupan kafein yang tinggi bisa memperburuk penyerapan nutrisi.
  • Kopi yang terlalu sering dikonsumsi bisa berakibat pada noda di gigi. Kadartanin dalam minuman tersebut menyebabkan penumpukan pada gigi. Akibatnya, enamel gigi akan berubah warna.
  • Hormon lebih seimbang pada perempuan minuman berkafein dapat berpengaruh pada kadar estrogen perempuan. Meminum 200 mg atau sekitar 2 cangkir atau lebih kafein per hari dapat meningkatkan kadar estrogen pada perempuan asia dan kulit hitam.
  • Terhindar dari darah tinggi dapat disebabkan oleh banyaknya asupan kafein yang dikonsumsi. Kafein terbukti meningkatkan kadar tekanan darah karena efek stimulasi pada sistem saraf. Asupan kafein yang tinggi juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.
Share.

Tentang Penulis

Blogger Junkie! Trance addict with Scorpion sign yang suka melepaskan imajinasi dengan tulisan. Jakarta, semoga kita selalu bersahabat. Read, Sleep, WRITE, Repeat! Selamat membaca, jangan bosan untuk berkunjung kembali, LOVE!

Leave A Reply