Praha, Kota Tua di Eropa yang Menawan

0

Bicara soal kota-kota menarik di Eropa, boleh saja kamu menyebut Paris sebagai yang paling romantis, Milan yang termodis, Istanbul yang super unik, Santorini yang paling eksotis, atau Reykejavik yang paling fantastis. Tapi kalau bicara kota tua yang menawan dan artistik, Praha bintang utamanya.

Ibukota negara Republik Ceko ini adalah sisa dari era Bohemnia yang eksis di abad pertengahan. Bohemnia merupakan peradaban paling berpengaruh di Eropa pada saat itu. Masyarakat Bohemnia merupakan orang-orang yang super kreatif dan memiliki sense of art yang tinggi. Di Praha, jiwa seni dari mayarakat Bohemnia di masa lalu masih melakat erat lewat berbagai karya arsitekturnya. Hal inilah yang membuat Praha menjadi salah satu kota terindah di Eropa. Bahkan, banyak orang yang menjuluki kota ini sebagai ‘Mahkota dari Bohemnia’.

Praha juga punya secuil sejarah yang berhubungan dengan Indonesia. Di penghujung era orde lama, banyak pelajar Indonesia yang belajar di Praha melalui program beasiswa. Tapi sejak pergeseran kekuasaan dari Orde Lama ke Orde Baru, pelajar Indonesia di Praha mengalami dilema besar antara kembali ke Indonesia sebagai orang yang dimusuhi penguasa karena mendukung kekuasaan lama, atau tetap bertahan di Praha tanpa warga negara. Kisah pilu pelajar Indonesia di Praha ini bisa kamu  lihat lewat film berjudul ‘Surat Dari Praha’.

Jadi, tidak salah kalau kamu memasukan kota ini ke dalam rencana liburanmu. Karena selain punya pemandangan yang menawan serta secuil sejarah yang berhubungan dengan Indonesia, pergi ke Praha pun bisa membuatmu seolah berada di masa lalu.

Lalu, tempat apa saja yang wajib dikunjungi saat berada di Praha? Tentunya, kamu wajib mengunjungi ikon-ikon wisata di Praha yang sudah ada sejak jaman dulu dan dilindungi oleh UNESCO. Diantaranya ada Kastil Praha atau Prazsky Hrad. Kastil berserjarah ini konon dibangun antara abad ke 9 dan 10. Dulu, kastil ini digunakan oleh raja-raja Bohemnia dan kaisar Romawi. Sekarang, kastil ini digunakan sebagai kediaman presiden Ceko. Tapi dibagian lainnya, kastil ini dibuka untuk umum. Kastil yang berdiri di kawasan seluas 70.000 m2 merupakan komplek kastil terluas di dunia yang tercatat dalam Guinness Book of World Records. Selain arsitektur bangunannya yang menawan, di dalam kastil ini juga terdapat koleksi benda bersejarah.

Selain kastil Praha, di komplek ini kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya seperti Katedral St. Vitus. Katedral ini adalah gereja Katolik Roma terbesar di Ceko. Arsitektur bangunan gereja ini cukup unik. Kamu bisa merasakan beberapa gaya arsitektur sekaligus seperti Gothic, Neo-Ghotic, Baroque, dan Renaissance. Hal ini karena pembangunan Katedral St. Vitus berlangsung sangat lama hingga 520 tahun.

Praha, Kota Tua di Eropa yang Menawan

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke beberapa bangunan menawan lainnya seperto Old Royal Palace, Basilika St. George, Rosenberg Palace, Daliborka Tower, dan Powder Tower saat berada di komplek kastil Praha.

Kamu bisa dengan mudah menemukan komplek kastil ini. Karena lokasinya yang berada di tempat tinggi, kastil ini pun terlihat cukup mencolok dari kejauhan. Apalagi jika kamu datang ke sini saat malam hari, pemandangan yang disuguhkan oleh perpaduan arsitektur kuno dan lampu kota berwarna kuning yang menawan, seolah membawamu ke masa kejayaan Bohemnia.

Setelah puas menikmati pesona kastil Praha, kamu wajib menyebrangi sungai Vltava melalui Charles Bridge. Jembatan tua yang dibangun pada tahun 1300an ini adalah penghubung dua distrik besar yang ada di Praha, yaitu Old Town dan Lasser Town. Jembatan ini sangat menawan. Dengan arsitektur bergaya Gothic, jembatan ini pun dihiasi  beberapa patung di beberapa bagiannya.

Selain dengan berjalan kaki di atas jembatan Charles, sungai Vltava juga bisa kamu susuri dengan menaiki kapal pesiar. Kamu juga bisa menepi di Vysehrad, sebuah komplek kastil lainnya yang ada di Praha, Dulu, kastil ini pun digunakan sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan.

Setelah menyebrangi sungai Vltava menggunakan jembatan Charles, kamu wajib berkunjung ke Old Town Square. Dahulu, tempat ini dijadikan sebagai pusat kota di era Bohemnia. Di sekitarnya pun didirikan berbagai gedung megah yang menawan. Salah satunya adalah Astronomical Clock. Ini adalah salah satu mahakarya seni bangsa Ceko yang dibuat pada abad ke 15. Uniknya, disetiap pergantian jam, Astronomical Clock ini akan memberi tanda. Selain Astronomical Clock, ada juga Clementium, sebuah komplek bersejarah yang didalamnya terdapat museum nasional tertua dan terbesar di Ceko.

Jadi, pergi ke Praha akan jadi pengalaman tak terlupakan seumur hidup. Praha akan membawa kita pada masa kejayaan masa lalu yang indah. Menariknya, kamu juga bisa malakukan perjalanan ke negara lainnya di sekitar Ceko dengan kereta api.

Untuk pergi ke luar negeri, pastikan kamu membeli tiket pesawat sejak jauh hari. Ada banyak maskapai penerbangan dari Indonesia yang bisa membawamu terbang ke beberapa negara, seperti Garuda Indonesia. Jadi, buruan cari tiket promo Garuda Indonesia sekarang juga. Jika ingin lebih berhemat, kamu bisa cek harga tiket murah di Reservasi.com untuk mendapatkan tiket pesawat ke luar negeri dengan penawaran harga terbaik.

Share.

Tentang Penulis

Blogger Junkie! Trance addict with Scorpion sign yang suka melepaskan imajinasi dengan tulisan. Jakarta, semoga kita selalu bersahabat. Read, Sleep, WRITE, Repeat! Selamat membaca, jangan bosan untuk berkunjung kembali, LOVE!

Leave A Reply