Cara Pasang SSL Mengubah HTTP ke HTTPS di cPanel Hosting WordPress

0
C– Teknologi web saat ini sudah semakin berkembang. Mulai dari pemuatan web atau blog menggunakan CMS yang instan dalam 5 menit sudah jadi seperti WordPress atau pun Blogspot. Namun, semakin berkembangnya teknologi juga berbanding lurus dengan celah tingkat keamanan web atau blog tersebut. Maka kali ini mulai dipopulerkan protokol untuk akses website atau blog tidak lagi menggunakan HTTP, namun lebih aman menggunakan HTTPS.

HTTPS sendiri merupakan singkatan/kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure dengan menggunakan protokol SSL (Secure Socket Layer) atau TLS (Transport Layer Security) dimana umumnya menggunakan Port https: 443.

Selain untuk keamanan atau security web, format akses url dengan HTTPS juga bagus untuk SEO (Search Engine Optimization) di Google search engine, karena sudah dikatakan resmi dari sumber Google bahwa mesin pencari Google lebih menyukai website atau blog yang secure dan menggunakan HTTPS:// SSL certificate.

Banyak yang mengira cara pasang atau install HTTPS ini susah, padahal ternyata mudah sekali. Disini saya akan coba tunjukkan cara mudah pasang SSL HTTPS melalui cPanel hosting masing-masing dan untuk pengguna blog CMS WordPress. Dikarenakan tutorial atau cara setting https:// ini membutuhkan plugin WordPress juga. Hampir semua layanan hosting yang menggunakan cPanel sudah support SSL certified untuk HTTPS secara gratis (FREE).

Cara Pasang SSL Untuk Mengubah HTTP Menjadi HTTPS di cPanel WordPress Hosting

Tidak perlu khawatir harus keluar tambah biaya lagi karena gratis selamanya. Konsep mengubah http:// menjadi https:// pada dasarnya merupakan redirect 301 permanent, tapi https:// yang digunakan SSL-nya harus bersertifikat resmi agar diakui sebagai akses web yang secure atau aman dari browser. Berikut step by step petunjuknya:

  • Login ke dalam akun cPanel di hosting.
  • Masuk ke bagian menu SECURITY – Auto SSL. (lihat gambar dibawah)

auto SSL security di cPanel

  • Status Auto SSL: Tidak Aktif. Untuk mengaktifkannya cukup mengikuti link yang diberikan “klik disini”. Maka Status Auto SSL: Aktif.

Butuh waktu beberapa saat menit untuk resolve dari status Tidak Aktif menjadi Aktif Auto SSL-nya. Jadi untuk pengaturan setting SSL https:// di cPanel hanya semudah itu, dan SSL certificate kita sudah diakui aktif oleh semua browser. Namun, masih belum selesai, karena masih ada guide pengaturan redirect atau mengarahkan http:// ke https:// di WordPress-nya. Berikut step by step cara mengubah HTTP menjadi HTTPS di blog WordPress.

  • Login ke dalam akun dashboard WordPress.
  • Masuk ke menu Plugins – Add New.
  • Cari nama plugin “Really Simple SSL” dan install plugin tersebut.
  • Klik button “Go ahead, activate SSL!”
  • Jika tidak ada kendala, maka akan muncul notifikasi “SSL activated!”. Selesai.

really simple SSL plugin wordpress configuration setting

Tutorial Cara Install Setting Mengarahkan HTTP ke HTTPS di cPanel Hosting Terbaru

Sangat mudah bukan? Hanya beberapa langkah dari media Indonesia kita bisa melakukan setting cara pasang atau install HTTPS di blog WordPress kita sendiri tanpa harus bayar jasa networking atau programmer. Terkadang ada yang mengalami beberapa kendala seperti, diminta untuk login ulang dulu langsung ke format https:// aksesnya setelah klik tombol “Go ahead, activate SSL!”.

Cara Pasang SSL Mengubah HTTP ke HTTPS di cPanel Hosting WordPress

Ada juga kendala error yang dialami seperti muncul notifikasi “No SSL was detected. if you do have an SSL certificate…” atau pada konfigurasi setting seperti gambar diatas bagian “Mixed content fixer was successfully detected on the front-end” masih bukan tanda checklis hijau tapi tanda silang “X” merah, nha ini berarti format SSLnya ada yang bentrok dengan plugin lain di WordPress yang sudah terinstal.

Baca Juga: Cara Membuat Kotak Komentar Facebook di WordPress Terbaru

Solusinya coba matikan dulu beberapa plugin yang aktif sebelum install atau pasang plugin “Really Simple SSL” ini, baru begitu sudah beres semua, dan muncul notifikasi SSL activated!, baru aktifkan kembali semua plugin yang sudah dimiliki di WordPress. Jika semua sudah lancar dan sesuai, maka ketika kita akses web atau blog alamat URL kita di browser otomatis sudah diarahkan atau redirect 301 ke https:// dan memiliki icon kunci gembok berwarna hijau. Ini artinya website kita sudah resmi secure certified HTTPS.

Bagi yang masih bingung atau kesulitan bisa langsung tanya melalui komen dibawah. Sebenarnya untuk tampilan pengaturan Auto SSL di setiap hosting cPanel kadang berbeda tampilannya, tapi konsepnya caranya sama, tinggal klik-klik saja sudah aktif. Semoga tutorial & tips trik ini bisa membantu yang merasa kesulitan cara pasang atau setting install HTTPS itu gimana, selamat mencoba.

Share.

Tentang Penulis

Blogger Junkie! Trance addict with Scorpion sign yang suka melepaskan imajinasi dengan tulisan. Jakarta, semoga kita selalu bersahabat. Read, Sleep, WRITE, Repeat! Selamat membaca, jangan bosan untuk berkunjung kembali, LOVE!

Leave A Reply